Ukur Indeks Pembangunan Statistik, Dislutkan Wakili Pemprov Kalteng Ikuti EPSS 2024

Koordinasi Tim Dislutkan dengan BPS Prov. Kalteng dalam penginputan data dukung EPSS Tahun 2024. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dalam rangka mengukur pertumbuhan ekonomi dan kemajuan pembangunan di Kalteng, termasuk kinerja dan indikator pembangunan di sektor perikanan dan kelautan yang dihitung memakai data statistik Pemerintah Provinsi dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalteng menjadi salah satu lokus kegiatan statistik sektoral mewakili Pemerintah Provinsi Kalteng dalam Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2024. Hal ini disampaikan Kepala Dislutkan Provinsi Kalteng H. Darliansjah di ruang kerjanya, Selasa (02/04/2024).

EPSS merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai salah satu alat untuk mengukur tingkat kematangan penyelenggaraan statistik sektoral di kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah. Output dari kegiatan EPSS adalah Indeks Pembangunan Statistik (IPS). Dari EPSS juga dihasilkan rekomendasi yang bisa digunakan sebagai peta pelaksanaan pembinaan statistik sektoral kepada Pemerintah Daerah.

Menurut Darliansjah, instansi yang dipimpinnya ini mewakili Pemerintah Provinsi Kalteng dalam EPSS 2024 untuk penilaian Publikasi Buku Pintar Dislutkan Provinsi Kalteng. Kegiatan ini dilakukan bekerja sama dengan BPS Provinsi Kalteng dan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalteng.

Dalam tahapan awal kegiatan EPSS 2024, Dislutkan Provinsi Kalteng bersama BPS Provinsi Kalteng dan Diskominfosantik Provinsi Kalteng menyiapkan bukti-bukti pendukung kegiatan, baik dari tahap perencanaan, pengumpulan, pengolahan hingga diseminasi yang menjadi dasar penilaian tingkat kematangan EPSS. Untuk itu, Tim Dislutkan Provinsi Kalteng telah mengikuti kegiatan Entry Meeting EPSS Tahun 2024 melalui kanal youtube BPS RI, Selasa (02/04/2024).

“Buku Pintar Dislutkan Provinsi Kalteng merupakan buku yang disusun oleh Tim Dislutkan Provinsi Kalteng untuk menyajikan data dan informasi kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah untuk seluruh masyarakat, pelaku usaha, dan stakeholder terkait yang berisi capaian indikator kinerja dan inovasi daerah pada Dislutkan Provinsi Kalteng,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Darliansjah mengatakan bahwa ketersediaan data dan informasi kelautan dan perikanan Kalimantan Tengah yang akurat menjadi landasan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pembangunan sektor kelautan dan perikanan di Kalimantan Tengah yang tepat pada masa yang akan datang. Buku Pintar ini tersedia secara online pada website https://dislutkan.kalteng.go.id dan https://geoportal-lautberkah.kalteng.go.id, serta tersedia di Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispursip) Provinsi Kalteng.

“Kami berharap dengan keikutsertaan Dislutkan Provinsi Kalteng dalam EPSS 2024 ini dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan IPS Provinsi Kalimantan Tengah,” pungkas Darliansjah.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng