Operasi Ketupat Telabang 2024, Kadis Kesehatan Ikuti Rakor Lintas Sektoral di Mapolda Kalteng

Kadis Kesehatan Suyuti Syamsul saat menyampaikan paparan. (foto/mmckalteng)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dalam rangka partisipasi dan keikutsertaan serta keterlibatan pemerintah provinsi dalam mendukung persiapan mudik lebaran 2024 agar aman, lancar dan terkendali serta memberikan pelayanan cepat di bidang kesehatan selama mudik lebaran, Pemerintah Provinsi melalui Kepala Dinas Kesehatan Provinsi terlibat dalam operasi ketupat telabang 2024 yang di pimpin oleh Polda Kalteng.

Kadis Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral bidang operasional kesiapan Arus Mudik dan Balik Idulfitri 1445 H tahun 2024, bertempat di Aula Arya Dharma Mapolda Kalteng, Selasa (02/04/2024).

Turut hadir dalam rakor tersebut antara lain Ketua DPRD Provinsi Kalteng Wiyatno, Danrem 102 Panju Panjung Iwan Rosandrianto, Kepala BNN Provinsi Kalteng Joko Setiono, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng terkait.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Kalimantan Tengah Djoko Poerwanto menyampaikan bahwa kesiapan dalam mengamankan perayaan hari raya idulfitri 1445 H kali ini dilakukan dengan menggelar Operasi Ketupat Telabang 2024 dengan melibatkan sebanyak 1.826 personel, yang terdiri dari 885 personel Polri dan 941 personel dari instansi terkait.

“Selain itu, agar pelaksanaan mudik lebaran Idulfitri 1445 H berjalan aman, lancar dan nyaman, Polda Kalteng bersama stakeholder terkait juga mendirikan 51 pos, yang terdiri dari 25 pos pengamanan, 17 pos pelayanan dan 9 pos terpadu di beberapa titik arus mudik Lebaran,” ungkap Kapolda.

Pada kesempatan yang sama, Kadis Kesehatan menyampaikan kesiapan pelayanan kesehatan di Provinsi Kalimantan Tengah sebanyak 278 Fasilitas Kesehatan disiapkan untuk melayani arus mudik dan balik lebaran Idulfitri 1445 H.

“Dinas Kesehatan Provinsi melakukan kerja sama dan berkoordinasi dengan semua Lintas Sektor terkait dalam menghadapi mobilitas masyarakat selama libur Idulfitri dan berupaya menjaga agar tidak terjadi peningkatan kasus penyebaran penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya,” bebernya.

Ia menambahkan, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota juga akan menyiapkan dan menyiagakan fasyankes di jalur mudik dan balik, serta melakukan pelayanan promotif dan preventif untuk upaya peningkatan kesehatan, serta pencegahan penyakit dan kesiapan evakuasi untuk rujukan.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER:MMC Dinas Kominfosantik Provinsi Kalteng