Program Harus Perhitungkan Aspek Efisiensi dan Efektifitas

Ketua DPRD Mura, Dr. Doni, SP.,M.Si

PURUK CAHU, KALTENGTERKINI.CO.ID – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Murung Raya, Doni Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemerintah Kabupaten Murung Raya untuk melakukan sinkronisasi program kerja tahun 2024.

Selain itu, Doni juga meminta pembahasan program dan kegiatan harus memperhitungkan aspek efisiensi dan efektifitas. Sehingga, setiap ide dan aspirasi dapat diakomodir dengan baik.

“Hal ini wajib dilakukan saat merencanakan dan merumuskan prioritas pembangunan yang akan dilaksanakan,” Kata politisi PDI Perjuangan itu, Senin (20/11/2023)

Selain itu, setiap perangkat daerah harus memahami tugas pokok dan fungsi sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang lebih bermakna dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Selanjutnya, Doni meminta masing-masing perangkat daerah rutin melakukan koordinasi, sinkronisasi dan integrasi, perencanaan dari setiap bidang pembangunan. Sehingga dapat berjalan secara optimal.

“Dengan begitu dapat dihindari tumpang tindih pelaksanaan kegiatan pembangunan di Kabupaten Murung Raya,” harapnya.

Ia juga meminta, dalam merencanakan dan merumuskan prioritas pembangunan agar perangkat daerah menghindari ego sektoral dalam penyusunan perencanaan dengan mengedepankan profesionalitas. Sehingga dapat dihindari kepentingan sektoral yang tidak proporsional.

“Saya berharap proses perencanaan dan penganggaran menerapkan prinsip pendekatan anggaran. Yaitu lebih fokus pada program atau kegiatan yang berkaitan langsung pada prioritas nasional dan prioritas daerah serta memberikan dampak langsung bagi masyarakat,”pungkasnya.(RIADI)

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: