50 Peserta Dari 23 SPBU Ikuti Pelatihan Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Keselamatan Kerja

Pelatihan Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Keselamatan Kerja Pengawas dan Operator SPBU wilayah III Kalteng. (foto/istimewa)

PALANGKA RAYA, KLATENGTERKINI.CO.ID – Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Sales Area Kalimatan Tengah mengadakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Pelayanan dan Keselamatan Kerja Pengawas dan Operator SPBU wilayah III Kalteng di Hotel Grand Global, Senin (16/10/2023.

Pelatihan ini diikuti 50 peserta yang berasal dari 23 SPBU di Wilayah Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito meliputi Kabupaten Barito Selatan, Kab. Barito Timur, Kab. Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya.

Turut hadir dalam acara pelatihan ini Sales Area Manager Retail Kalteng Widhi Tri Adhi Hidayat dan Sales Branch Manager III Kalteng Muhammad Ridho Hasbullah.

Dalam sambuatan Sales Area Manager Retail Kalimantan Tengah, Widhi Tri Adhi Hidayat, menyampaikan pelatihan ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya dalam meningkatan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan keselamatan kerja di SPBU agar kedepan pelayanan yang diberikan oleh Pertamina lebih baik lagi.

“Pelatihan ini adalah bukti nyata komitmen Pertamina dalam meningkatkan kualitas pelayanan SPBU di wilayah Sales Area Kalimatan Tengah, harapan kami apa yang diberikan dalam pelatihan ini dapat langsung diimplemetasikan oleh pengawas dan operator SPBU di lokasi kerja masing–masing, agar tujuan peningkatan pelayanan dan budaya kerja yang aman dapat dirasakan oleh pelanggan,” ucap Widhi.

Sementara ini Sales Branch Manager III Kalteng Muhammad Ridho Hasbullah yang sekaligus bertindak sebagai narasumber dalam paparannya tidak hanya memberikan materi mengenai standar pelayanan SPBU, keselamatan dan kesehatan lingkungan kerja tapi juga memberikan pengetahuan terkait produk, peraturan-peraturan terbaru terkait peyaluran penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) serta program-program dari Pertamina.

Simulasi.

“Dalam rangka menunjang peningkatan pelayanan di SPBU, pengawas dan operator juga perlu dibekali dengan pengetahuan tentang produk, peraturan-peraturan terkait penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) dan pelanggaran hukum dalam pendistribusian BBM di SPBU serta program-program seperti subsidi tepat, my pertamina dan digitalisasi Pertamina, sehingga pengawas dan operator SPBU mendapatkan pengetahuan yang memadai,” ujar Ridho.

Dalam kesempatan terpisah Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra menambahkan bahwa peserta peltihan mendapatkan materi terkait berkomunikasi dan memberikan pelayanan yang terbaik dengan sikap yang ramah, sigap dalam melayani kebutuhan pelanggan serta diberikan terkait pengetahun terkait produk.

“Jika pelayanan terhadap pelanggan semkain baik dan faktor keselamatan kerja semakin baik, hal ini dapat membuat pelanggan semakin merasa nyaman dan aman bertransaksi di SPBU Pertamina serta menjadi loyal menggunakan seluruh produk-produk berkualitas dari Pertamina,” tambah Arya.

“Sebelumnya kegiatan paltihan ini juga sudah dilaksanakan Sales Area lain di Regional Kalimantan meliputi Wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat,” tutup Arya.

Kedepan, kegiatan upskilling ini dapat terus berlanjut setiap tahunnya dan dilakukan di seluruh Sales Area di wilayah Regional Jawa Bagian Barat, sehingga seluruh operator dan pengawas SPBU Pertamina mendapatkan pengetahuan yang memadai untuk meningkatkan kehandalan SPBU dan kepuasan pelanggan terhadap seluruh produk – produk Pertamina,” tutup Eko.

Harapannya setelah pelatihan ini selesai akan ada peningkatan pada kualitas pelayanan dan peningkatan terakit keselamatan kerja di SPBU.

Jika masyarakat membutuhkan informasi seputar produk, layanan dan program-program Pertamina, masyarakat dapat menghubungi kontak Pertamina 135.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: