Disdagperin Kota Operasi Pasar 500 Paket Bapok di Kawasan G.Obos

Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palangka Raya menggelar Operasi pasar. (Ceta D. Cahyono)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Dalam menindaklanjuti instruksi pemerintah pusat untuk menekan inflasi, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Palangka Raya melaksanakan operasi pasar dengan menyediakan 500 Paket bahan pokok murah (Bapok), di komplek perumahan G. Obos XII Jl. Kenangan II. kecamatan Jekan Raya, Senin, (18/9/2023).

Kepala Disdagperin Kota Palangka Raya, Samsul Rizal menerangkan operasi pasar bahan pokok murah ini sebagai upaya preventif dalam menekan inflasi, khususnya terkait kenaikan harga beras karena faktor impor dari luar negeri yang mulai menyetop suplay.

Pada akhir-akhir ini ada kenaikan beras, sehingga harapannya dengan operasi pasar ini dapat membantu masyarakat paling tidak mengurangi beban dan menekan inflasi di Kota Palangka Raya.

Harga sembako dalam Operasi pasar ini sebesar Rp150.000/peket dengan program Wali Kota Fairid Naparin mensubsidi Rp50.000 sehingga masyarakat membeli dengan harga Rp100.000/paket.

“Setelah di sini di depan PDAM yang sebelumnya di belakang Dinas Pertambangan Provinsi,” ujar Samsul.

Samsul menambahkan Jumlah sembako yang disediakan bergantung kebutuhan di tiap titik operasi pada kawasan Jl. Kenangan II disediakan 500 paket sembako melalui data yang direkapitulasi oleh RT setempat.

“Satu keluarga satu kupon dan membawa fotokopi KTP dengan ketentuan tidak diperuntukkan untuk PNS.” Imbuhnya.

Operasi pasar kali ini langsung dilaksanakan di titik kumpul warga agar memudahkan aksesnya, operasi pasar ini akan terus dilanjutkan hingga bulan Desember, meningkat antisipasi HBKN seperti Natal dan tahun baru atas kemungkinan lonjakan sembako yang lebih besar.

“Untuk Isi paketnya yaitu 5 kg beras premium, 2 kg gula pasir, serta dua liter minyak goreng. Semoga dengan adanya operasi sembako ini dapat meringankan beban masyarakat di kota Palangka Raya khususnya,” tutup Samsul Rizal.

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: