Tak Kunjung Difungsikan, Komisi I Sidak Bangunan Mall Pelayanan Publik

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan sidak ke bangunan pelayanan publik. (Foto/ Jhony Sanjaya)

SAMPIT, KALTENGTERKINI.CO.ID – DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur melakukan sidak ke bangunan pelayanan publik yang sampai saat ini belum juga difungsikan, sidak dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi gedung megah yang belum digunakan ini.

“Kami berharap bangunan ini segera beroperasi. Hanya sebagian bangunan yang bocor, tapi bila tidak cepat diperbaiki, bisa rusak dengan sendirinya, ini sangat disayangkan,” kata Ketua Komisi I PDIP Kotawaringin Timur, Rimbun ST, Selasa (20/9/2022).

Rimbun didampingi Hendra Sia, Muhammad Abadi dan Sutik serta didampingi Kabid Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Imam Subekti, mereka memantau kondisi gedung hingga lantai tiga.

Rimbun dapat memahami kendala yang dihadapi, sehingga mall pelayanan publik tersebut belum beroperasi. gedung megah itu selesai dibangun pada tahun 2020. Namun masih ada bagian yang harus diselesaikan, ditambah interior dan peralatan pendukung lainnya masih perlu ditingkatkan.

Anggota DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur saat melakukan sidak ke bangunan pelayanan publik. (Foto/ Jhony Sanjaya)

Menurutnya, perbaikan ini tidak mungkin dilakukan karena keterbatasan anggaran pemerintah daerah akibat pandemi COVID-19 pada tahun lalu sehingga. Ia berharap anggaran yang dialokasikan pada 2022 bisa selesai sehingga mal pelayanan publik bisa segera beroperasi.

“Ini bagus sekali. Cukup untuk masyarakat yang ingin mengajukan berbagai sertifikat di masa depan. Tidak perlu bolak-balik ke beberapa lembaga. Ke depan, semua lembaga layanan publik akan membuka layanan di sini, sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih efektif  dan Efisien,” kata Rimbun.

Diketahui Mall Pelayanan Publik dikerjakan sejak 28 Juli 2018 menelan anggaran biaya sebesar Rp38.875.000.000 dengan pembiayaan sistem multiyear atau tahun jamak. Proyek ini dikerjakan oleh PT Heral Eranio Jaya dengan target selesai pada 28 Juli 2020.

Tahun 2022 ini telah disetujui anggaran sekitar Rp17 miliar untuk menyelesaikan dan melengkapi sarana yang dibutuhkan, sehingga Mall Pelayanan Publik itu bisa difungsikan dengan optimal.

Berdasarkan perencanaan awal, bangunan menghadap ke arah selatan tersebut terdapat tiga lantai yang dilengkapi dengan lift. Pada sisi sayap kanan dan kiri yang berbentuk oktagon nantinya difungsikan sebagai tempat klinik orang sehat, ruang pelayanan, dan ruang pertemuan serta food court.

Lantai 1 dilengkapi dengan 12 ruang komersial, satu ruang komersial utama, lima ruang klinik orang sehat, dan tiga ruang pelayanan. Sedangkan pada lantai dua bakal dilengkapi dengan 18 counter atau ruang bilik pelayanan, lima ruang pelayanan, tiga ruang back office, satu ruang auditorium, satu ruang bermain anak dan satu ruang ibu menyusui. Lantai 3 khusus untuk kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (Jhony Sanjaya. S)

EDITOR:Hendra. C


SUMBER: