Senam Pagi Bersama Bangun Kekompakan, Kebersamaan, Loyalitas dan Peningkatan Kinerja
Center 112 Wujud Nyata Layanan Prima

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Layanan call center 112 yang dikelola Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Palangka Raya, saat ini mulai dimanfaatkan oleh masyarakat.
Adanya layanan call center 112 tersebut, adalah salah satu wujud nyata pelayanan prima dan implementasi visi-misi wali kota dan wakil wali kota yakni terwujudnya Kota Palangka Raya yang smart city.
Demikian hal tersebut disampaikan Sekda Kota Palangka Raya, Hera Nugrahayu, saat memimpin rapat kolaborasi 112 Fairid-Umi Siaga di kantor DPKP Palangka Raya, Kamis (9/6/2022).
Hera melihat, layanan call cener 112 tersebut semakin dikenal luas oleh masyarakat.”Iya, bisa dikata nomor ini sudah menjadi andalan warga Palangka Raya saat membutuhkan pertolongan kegawatdaruratan,”ujarnya.
Adapun layanan call center 112 sambung Hera, merupakan terobosan yang diresmikan sejak 2021. Layanan cepat itu disiapkan untuk menerima aduan kegawatdaruratan. Seperti permintaan ambulance, penanganan kebakaran, kecelakaan, kejadian tindak kriminal, penanganan pohon tumbang dan penanganan kegawatdaruratan lainnya.
Diketahui, ada 16 OPD lingkup Pemko Palangka Raya yang aktif untuk memberikan pertolongan sesuai kebutuhan masyarakat. Adapun OPD yang bergabung di antaranya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM), RSUD Kalampangan, Dinas Perhubungan, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Sosial, Polresta dan Kodim.
Kemudian ada dari unsur kecamatan, seperti layanan ambulans Kecamatan Pahandut, Jekan Raya hingga Dinkes Pustu Ambulans. Berikutnya ada juga dari Dinas Perkim, Rescue Damkar, Mako Damkar, Posko Damkar Tangkiling dan comand center.
“Kami menyadari, masyarakat tentu memerlukan layanan seperti inilah yang aktif 24 jam. Semua pelayanannya gratis. Terima kasih kepada seluruh OPD yang terlibat dalam layanan ini,”pungkas Hera.