Mensos Tri Rismaharini Tiba di Palangka Raya

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyambut langsung kedatangan Mensos RI Tri Rismaharini di Bandara Tjilik Riwut, Kota Palangka Raya. (foto/mmc)

PALANGKA RAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini bersama rombongan tiba di Palangka Raya.

Menteri Risma bersama rombongan disambut Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo berserta Wakapolda Kalteng Brigjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi dan Plt Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalteng, Farid Wajdi di Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut, Rabu (24/11/2021).

Dari Pemerintah Kota dihadiri Walikota Palangka Raya Fairid Naparin,  Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Sementara itu, Mensos didampingi oleh Anggota Komisi 8 DPR RI H. Iwan Kurniawan, Wakil Ketua Komite III DPD RI H. Muhammad Rakhman dan Anggota DPRD Provinsi Kalteng Jainudin Karim

Kunjungan Mensos Tri Rismaharini ke Kalteng dalam rangka meninjau lokasi banjir dan Posko pengungsian di Kalteng.

Rencananya Mensos bersama rombongan akan meninjau lokasi Banjir di Kawasan Sungai Kahayan, Flamboyan serta meninjau lokasi pengungsian di GOR Koni Palangka Raya.

Usai melakukan peninjauan, Mensos rencananya akan melakukan penyerahan bantuan Atensi di GOR Koni.

Sebagaimana diketahui, dalam rangka melakukan upaya-upaya penanganan banjir di Kalteng, pada tanggal (20/11/2021) lalu, Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Mayjen TNI Suharyanto telah menggelar Rapat Koordinasi Penanganan Banjir di wilayah Provinsi Kalteng, bertempat di Aula Jayang Tingang, Kantor

Gubernur Kalteng. Saat pimpin Rakor, Gubernur H. Sugianto Sabran telah menginstruksikan seluruh Kepala OPD Prov. Kalteng turun langsung membantu masyarakat terdampak banjir pada pos-pos pengungsi serta membantu evakuasi dan mendukung sembako dan juga nasi bungkus.

Secara khusus kepada BPBD Provinsi dan Dinsos Provinsi, diinstruksikan agar terus menerus melakukan pengecekan di lapangan terhadap penanganan yang dilakukan, dan mengerahkan secara langsung personil Tim Reaksi Cepat dan TAGANA untuk membantu evakuasi warga dan transportasi warga.

Selain itu, bantuan sembako terutama untuk mendukung logistik dapur-dapur umum. Tak hanya itu, jajaran Pemprov Kalteng juga terus melakukan koordinasi dengan instansi vertikal khususnya Balai Pengelolaan Jalan Nasional terkait dengan penanganan ruas jalan nasional yang terdampak banjir untuk dapat ditangani sebagaimana mestinya.

Berdasarkan data dari BPBPK Prov. Kalteng per tanggal 20/11/2021, terdapat 6 Kabupaten/Kota yang terdampak banjir yaitu Kota Palangka Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kabupaten Katingan, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Kapuas, dan Kabupaten Barito Selatan.

Dengan jumlah 40 Kecamatan, 177 Desa/Kelurahan, 33.530 KK, 96.015 Jiwa terdampak banjir dan hingga saat ini terdata 2.038 KK, 6.449 Jiwa mengungsi pada posko banjir yang telah disediakan Pemerintah. (mmc/ndo)

admin01