TPS 3E Diharapkan Dapat Tingkatkan Kepedulian Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin saat meresmikan TPS 3R Merdeka di Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya. (foto/ist)

PALANGKARAYA, KALTENGTERKINI.CO.ID – Keberadaan Tempat Pengolahan Sampah (TPS) dengan metode Reduce, Reuse dan Recycle atau TPS 3R, diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kota Palangka Raya.

Demikian harapan tersebut disampaikan Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin saat meresmikan TPS 3R Merdeka di Kelurahan Bukit Tunggal Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Palangka Raya, Perwalian Kepala Balai / Satuan Kerja Prasarana dan Sarana Permukiman Provinsi Kalimantan Tengah, Kadis Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya, Kadis PUPR Kota Palangka Raya, Kadis Perkimtan Kota Palangka Raya, Camat Jekan Raya, Lurah Bukit Tuggal dan tamu undangan lainnya, yang dilaksanakan secara terbatas.

Dalam arahannya, Fairid mengatakan, penyelenggaraan TPS 3R merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan pada skala komunal atau kawasan, dengan melibatkan peran aktif pemerintah dan masyarakat, melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat.

Penanganan sampah dengan pendekatan infrastruktur TPS 3R lebih menekankan kepada cara pengurangan, pemanfaatan dan pengolahan sejak dari sumbernya pada skala kawasan.

Karena itu, Walikota juga berharap, dengan keberadaan TPS 3R tersebut mampu mendorong Kota Palangka Raya yang bersih, sehat, indah dan ramah lingkungan.

“Tentu sejalan dengan misi dari Pemerintah Kota Palangka Raya mewujudkan ‘Smart Environment’ atau lingkungan cerdas,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu tidak lupa Fairid mengucapkan terima kasih kepada pihak Balai / Satuan Kerja Prasarana dan Sarana Permukiman Provinsi Kalimantan Tengah, yang telah memfasilitasi dan mendanai pembangunan TPS 3R di Jalan Merdeka melalui anggaran APBN. (dan)

admin01