Peduli Lingkungan, FBN Tanam Pohon

 Peduli Lingkungan, FBN Tanam Pohon
TANAM POHON : Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya, melaksanakan gerakan menanam pohon di kawasan wisata Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis (5/10/2020).Foto KT

PAANGKA RAYA, KALTENGTERKINI. ID – Memaknai Hari Sumpah Pemuda maupun menyambut Hari Pahlawan ataupun Hari Bela Negara, tidak hanya sebatas seremonial semata. Namun ada banyak cara untuk mengisi dan merayakannya. 

Seperti yang ditunjukan Forum Bela Negara (FBN) Kota Palangka Raya, dimana melakukan sesuatu yang berbeda untuk  memaknai ke-tiga hari bersejarah tersebut. Salah satunya mengadakan gerakan menanam pohon.

Kegiatan menanam pohon tersebut dilaksanakan di kawasan wisata. Sei Gohong Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kamis (5/10/2020).

Ketua FBN Kota Palangka Raya, Mambang I Tubil mengatakan, gerakan menanam pohon tersebut menjadi bagian dari program FBN kota di tahun 2020..

“Kegiatan ini menjadi cara yang kami lakukan dalam memaknai ke-tiga hari bersejarah tersebut. Terpenting tetap mengedepankan protokol kesehatan, mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19,”ungkapnya.

Pengurus FBN tambah Mambang, sebelumnya telah melaksanakan program sosialisasi dan edukasi pentingnya  protokol kesehatan (Prokes), sekaligus pembagian masker dengan sasaran pelaku usaha wisata Dermaga Kereng Bangkirai, dan  pedagang Pasar Besar Palangka Raya. 

Sementara itu dalam kesempatan kegiatan menanam pohon tersebut. Kabid Ideologi Wasbang dan Karakter Bangsa pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Palangka Raya, Nining mengungkap, FBN  merupakan organisasi di bawah  naungan Kesbangpol yang bertujuan merangkul semua komponen untuk menumbuhkan semangat bela negara, patriotisme dan nasionalisme.

“FBN juga memiliki program yang bersifat mendorong dan mengajak masyarakat membangun kegotong royongan. Termasuk di dalamnya peduli akan lingkungan hidup,”ujarnya. 

Masih tambah Nining,  dalam gerakan menanam pohon tersebut,  berbagai bibit pohon ditanam. Seperti ketapang mini, mangga, rambutan, petai serta durian..

Adapun kegiatan itu sendiri dihadiri Camat Bukit Batu, Hendrikus Satria Budi, Polsek, Danramil Kecamatan Bukit Batu, Lurah Sei Gohong serta Babinsa dan Pokdarwis Kelurahan Sei Gohong. Turut ikut serta pengurus Karang Taruna  Kelurahan Menteng serta mahasiswa dan para dosen Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Palangka Raya. 

Gerakan menanam pohon yang digekar FBN Palangka Raya tersebut mengusung tema, dengan semangat bela negara,  mari kita lestarikan lingkungan dengan menanam pohon untuk mewujudkan “Kota Cantik”  Palangka Raya menjadi Smart Environment. (HR)

EDITOR:


SUMBER: