Pulihkan Ekonomi Masyarakat, DPUPR Pulpis Programkan Padat Karya Tunai

 Pulihkan Ekonomi Masyarakat, DPUPR Pulpis Programkan Padat Karya Tunai
Kepala DPUPR Pulpis, Usis I Sangkai

PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis), Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Pulpis mengalokasikan anggaran sebesar Rp1.190.000.000,-. Dana sebesar itu akan digunakan untuk program padat karya tunai atau cash for work.

“Ya, DPUPR merupakan salah satu SOPD yang terlibat dalam Program Pemulihan Ekonomi di Kabupaten Pulpis, dengan program padat karya tunai atau cash for work,” kata Kepala DPUPR Pulpis Usis I Sangkai, Kamis (15/10/2020).

Ia menjelaskan untuk program padat karya tunai akan dilaksanakan di dua kecamatan yakni Kecamatan Sebangau Kuala dan Kahayan Hilir, yang pengerjaannya melibatkan masyarakat setempat sekitar 105 kepala keluarga (KK).

“Program Pemulihan Ekonomi berupa kegiatan padat karya ini akan dilaksanakan di dua Kecamatan tepatnya di tiga desa yaitu, kegiatan pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) Desa Sebangau Mulya, kegiatan SPAM Desa Paduran Mulya, Kecamatan Kahayan Kuala dan kegiatan Sanitasi di Desa Anjir Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir,” ucapnya.

Usis I Sangkai juga mengatakan, terkait perencanaan maupun pelaksanaan program itu akan diserahkan kepada masyarakat yang diawasi oleh konsultan pendamping lapangan agar program tersebut dapat tercapai sesuai harapan.

“Sekarang sudah memasuki tahap perencanaan, yaitu pembuatan gambar teknis dan perkiraan biaya (RAB), mudah-mudahan Oktober-Nopember 2020 kegiatan ini sudah terlaksana,” ungkap Usis.

Ia berharap kegiatan padat karya melalui Dinas PUPR ini dapat berpengaruh terhadap peningkatan perekonomian masyarakat setempat yang terdampak pandemi Covid-19.

“Dengan melibatkan masyarakat, program padat karya tunai ini kita harapkan mampu menggerakkan ekonomi warga dengan terciptanya lapangan kerja baru di tengah keterpurukan ekonomi dampak pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya.(pri)

EDITOR:


SUMBER: