Anti Virus Ada Rekomendasi Kemenkes RI, Masyarakat Diminta Jangan Takut Berobat

 Anti Virus Ada Rekomendasi Kemenkes RI, Masyarakat Diminta Jangan Takut Berobat

PULANG PISAU, kaltengterkini.co.id – Dinas Kesehatan Pulang Pisau (Dinkes Pulpis) menegaskan anti virus yang digunakan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulpis dalam mengobati Pasien Covid 19, telah mendapat Rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

“Anti Virus yang kita gunakan untuk mengobati pasien kasus konfirmasi tanpa gejala bahkan pasien kasus konfirmasi Covid-19 telah mendapat rekomendasi dari Kemenkes RI,” Ucap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (Kadinkes) Pulpis, dr Muliyanto Budhiharjo, Minggu (23/08/2020).

Dokter Mul sapaan akrab Kadinkes Pulpis menjelaskan anti virus yang digunakan dalam menangani pasien positif covid-19 itu adalah obat-obatan yang digunakan dalam menangani pasien dengan gelaja batuk, pilek, demam dan sesak nafas.

Obat-obatan itu sudah mendapat rekomendasi dari Kemenkes, RI dan digunakan oleh semua Rumah Sakit yang ada.

“Jadi, sekali lagi saya mengajak masyarakat jika miliki gejala seperti covid-19, segera berobat ke RSUD. Jagan sampai virus tersebut malah menular dilingkungan rumah,” kata dr Mul yang juga menjabat sebagai Plt Direktur RSUD Pulpis.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat, khususnya di Bumi Handep Hapakat yang memiliki gejala batuk, pilek, demam, sesak nafas agar tidak takut datang dan berobat di RSUD Pulang Pisau atau Puskesmas terdekat.

Sebab walaupun pihaknya memiliki anti virus yang tingkat kesembuhan mencapai 95 persen, namun jika tidak ditangani dengan segera belum tentu akan berguna.

“Jika memiliki gejala batuk, pilek, demam dan sesak nafas, jangan takut untuk segera datang berobat ke RSUD Pulpis maupun Puskesmas terdekat guna mendapatkan pengobatan. Jangan menunggu berat dulu,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, dr Mul juga mengungkapkan yang terutama dalam pencegahan penyebaran Covid 19 adalah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah, seperti memakai masker, hindari berkerumun, sering cuci tangan menggunakan sabun, dan menjaga pola hidup bersih dan sehat serta mengkonsumsi makanan yang bergizi.

“Jadi untuk mencegah penyebaran covid-19, saya mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, mulai mengenakan masker, hindari kerumunan, sering cuci tangan menggunakan sabun dan lainnya,” pungkasnya. (pri)

EDITOR:


SUMBER: