Pemprov Bagikan 2.600 Paket Sembako Murah

 Pemprov Bagikan 2.600 Paket  Sembako Murah

PALANGKA RAYA, kaltengterkini.co.id – Dalam rangka menyambut hari besar keagamaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Pemerintah Provinsi Kalteng melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng menggelar kegiatan pasar murah kebutuhan pokok atau Sembilan Bahan Pokok (sembako).

Pasar murah ini digelar di Kelurahan Kereng Bangkirai, Senin (2/12/2019). Dibuka secara simbolis oleh Kepala Dinas Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Provinsi Kalteng, Aster Bonawaty didampingi Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Jenta.

Dalam pasar murah kali ini, Disdagperin membagikan sebanyak 2.600 Paket sembako murah. Dibagi pada lima kelurahan yakni Kelurahan Kereng Bangkirai, Kelurahan Petuk Katimpun, Kelurahan Sei Gohong, Pahandut Seberang dan Tangkiling.

“Hari pertama ini, dibagi di Kelurahan Kereng Bangkirai dengan 550 paket. Dilanjutkan besok di Kelurahan Petuk Katimpun, hari berikutnya di Sei Gohong, Pahandut Seberang dan Tangkiling”, ucap Aster Bonawaty.

Ia menambahkan, pihaknya berharap paket sembako ini dapat membantu meringankan beban dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya dalam menyambut hari besar keagamaan Natal dan Tahun Baru.

Menurutnya, paket sembako yang dibagikan ke masyarakat adalah 2 kg beras lokal, 2 liter minyak goreng bimoli, 2 kg gula pasir kemasan dengan total harga Rp73.000/paket.

Namun pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp23.000, jadi masyarakat hanya menebus dengan harga Rp50.000/paket sembako sehingga terjangkau bagi masyarakat yang membutuhkan, tutur Aster Bonawaty.

Sementara, Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Jenta mengatakan pasar murah ini memang tidak menggunakan kupon, untuk menghindari monopoli paket. Misalkan satu org membeli beberapa paket sembako, sehingga masyarakat lain yang berhak mendapatkan sembako malah tidak kebagian.

Jadi sekarang satu orang dibatasi hanya satu paket sembako, sehingga warga yang lain dapat bagian secara marata, terangnya.

Pantauan di lapangan, nampak masyarakat sangat antusias dan senang mendapatkan sembako dengan harga yang murah dan terjangkau.

“Kami sangat senang dengan adanya pasar murah ini, karena harganya cukup terjangkau. Apalagi memasuki hari raya Natal dan Tahun Baru, paling tidak bisa meringankan beban kami masyarakat ini”, ujar salah seorang warga, Vera yang menghadiri pasar murah tersebut.

Dirinyanya berharap program ini terus berlanjut, dan menjangkau semua daerah terutama pemukiman warga yang padat penduduk. Bahkan kalau bisa jumlah atau item paketnya bertambah namun dengan harga yang terjangkau. (dn)

EDITOR:


SUMBER: